AKSI NYATA PRAKTIK BAIK Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar - PJOK kelas 6 Materi Sepak Bola

Alyzaenal.my.id ~ AKSI NYATA Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar - PJOK kelas 6 Materi Sepak Bola. Berawal dari sebuah kegelisahan menghadapi anak didik zaman sekarang yang mana sudah bukan zamannya lagi mengajar dengan pola ceramah, praktek, contoh, diskusi, dan tugas! Rasanya kurang asyik di era sekarang ini.

Berbekal dengan kemampuan teknologi yang saya kuasai saya menganalisis berbagai peluang dan tantangan dengan kondisi ataupun keadaan yang ada pada sekolah saya ini. Meski anak-anak setiap hari hidup di pedesaan yang cukup pedalaman, tetap tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan zaman ini cukup pesat dan sudah merambah ke penjuru pelosok tanah air. Termasuk tempat para siswa-siswiku berada.

Anak-anak saat ini sangat senang sekali jika dilibatkan untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Kelas 6 saat ini sudah cukup berpengalaman jika menggunakan teknologi pada pembelajaran. Berbekal pada asesmen nasional 2021 tahun lalu, anak anak kelas 6 sekarang kini semakin lancar saja dalam mengoperasikan perangkat komputer ataupun laptop.

Pembelajaran terintegrasi dengan pemanfaatan teknologi sangat didukung di sekolah kami karena di sekolah kami mendapatakan sperangkat bantuan alat TIK yang mana salah satunya sangat bermanfaat langsung bagi peserta didik yaitu chromebook.

Pada akhir Oktober ini pembelajaran di kelas 6 masuk pada materi sepak bola. Materi sepak bola ini sangat cocok sekali jika dimaksimalkan kepada peserta didik untuk lebih menggali karakter kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, serta kemampuan dalam komunikasi.

Dari sekian model pembelajaran yang terintegrasi teknologi yang kekinian, akhirnya saya menemukan model pembelajaran "SOLE' (Self Organized Environment Learning). Model pembelajaran ini saya anggap sangat cocok dengan karakteristik murid saya dan materi yang akan saya ajarkan saat ini. 

Melalui model pembelajaran SOLE ini tentu akan sangat mendongkrak rasa ingin tahu siswa saya yang cukup tinggi. Dengan memaksimalkan peralatan TIK yang ada khususnya Chromebook, tentu anak-anak dapat melakukan eksplorasi mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang sangat bermakna pada pembelajarannya. Disamping tepat karakteristik siswa saya, juga model ini akan sangat menarik dari sisi saya sebagai guru karena melihat tahapan atau sintaks pada pembelajaran ini juga tidak terlalu rumit. Cukup mengarahkan anak anak tentang pertanyaan, dilanjutkan dengan eksplorasi atau investigasi, dan diakhiri dengan ulasan. 

Tidak hanya itu, model pembelajaran SOLE ini juga saya integrasikan dengan pembelajaran yang berdiferensiasi yang mana saya memperhatikan kemampuan murid saya dalam kemampuannya bermain sepak bola. Bagi anak-anak yang sudah cukup mahir bermain sepak bola akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dibandingkan dengan murid yang belum begitu mahir bermain sepak bola.

Baik sahabat rumah belajar dimanapun berada! Mari langsung saja silakan simak keseruannya pada konten video berikut ini :


Mudah-mudahan konten aksi nyata pembelajaran inovatif saya ini mampu memberikan praktik baik yang bermanfaat bagi sahabat rumah belajar sekalian dimanapun berada. Adapun umpan balik dari karya ini dengan senang hati sengat terbuka untuk sahabat sekalian langsung saja tinggalkan jejak ya! Terimakasih atas kesediaannya menyimak hingga usai. Salam dan Bahagia, Salam Rumah Belajar.



1 Komentar untuk "AKSI NYATA PRAKTIK BAIK Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar - PJOK kelas 6 Materi Sepak Bola"

  1. Semakin terdepan seperti yamaha. Terima kasih untuk pengabdian buat generasi kami di NTT

    BalasHapus
Bagaimana pendapat anda silakan tinggalkan komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel