Refleksi Pelatihan PKG PJOK 1.5.d. Refleksi - Pengembangan Kurikulum PJOK Oleh : Ali Zaenal - SDI Rata Nagekeo-NTT

Alyzaenal.my.id ~ Refleksi Pelatihan PKG PJOK 1.5.d. Refleksi - Pengembangan Kurikulum PJOK Oleh : Ali Zaenal - SDI Rata  Nagekeo-NTT. Berikut ini adalah sebuah Refleksi Pelatihan PKG PJOK 1.5.d. Refleksi - Pengembangan Kurikulum PJOK Oleh : Ali Zaenal - SDI Rata  Nagekeo-NTT 



Ceritakan keterkaitan materi yang sudah Anda pelajari dengan peran Anda.

Sebagai guru PJOK, materi yang dipelajari dalam pelatihan PKG PJOK tentang pengembangan kurikulum merdeka sangat relevan dengan peran saya. Kurikulum Merdeka memberikan panduan baru bagi guru dalam menyusun program pembelajaran yang berpusat pada murid.

Materi pelatihan ini membantu saya untuk memahami filosofi Kurikulum Merdeka, yaitu untuk mengembangkan profil Pelajar Pancasila yang berkarakter, kreatif, dan mandiri. Saya juga belajar tentang konsep pengembangan kurikulum, penyusunan program PJOK, dan pentingnya asesmen dalam pembelajaran.

Pemahaman ini sangat penting bagi saya dalam merancang pembelajaran PJOK yang efektif, bermakna, menyenangkan, dan reflektif untuk murid-murid saya.

Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?

Ya, ada beberapa ide dan pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang saya jalankan selama ini. Salah satu yang paling menarik adalah tentang pentingnya pembelajaran yang berpihak pada murid dan asesmen autentik dalam pembelajaran PJOK.

Selama ini, saya lebih fokus pada asesmen dan pembelajaran yang terstandarisasi, seperti tes dan kuis. baik tes lisan, tulis, praktek, ataupun unjuk kerja. Namun, narasumber/fasilitator menekankan bahwa pembelajaran yang mampu mengakomodir kebutuhan belajar murid termasuk mengintegrasikan kemampuan numerasi dalam sebuah permainan, yang menyenangkan seperti pada strategi permainan sepak bola. Asesmen autentik juga lebih baik dilaksanakan, seperti observasi, proyek, dan portofolio, lebih efektif untuk mengukur perkembangan belajar murid secara menyeluruh dan memberikan inklusivitas dalam pembelajaran.

Ide lain yang berbeda adalah tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran PJOK. Narasumber menunjukkan beberapa contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Saat ini sudah banyak sekolah yang sudah memiliki perangkat TIK yang mendukung untuk pembelajaran. Misalnya dalam penayangan stimulus untuk menghantarkan materi (tutorial/demonstrasi) suatu teknik tertentu.

Saya belum banyak menggunakan teknologi dalam pembelajaran PJOK, tetapi saya ingin mencoba beberapa ide yang dibagikan narasumber/fasilitator.

Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjalankan peran Anda?

Beberapa konsep utama yang saya pelajari dan menurut saya penting untuk terus dibawa selama menjalankan peran saya adalah:

Filosofi Kurikulum Merdeka: Profil Pelajar Pancasila harus menjadi tujuan utama dalam pembelajaran PJOK.

Konsep pengembangan kurikulum: Pengembangan kurikulum harus berlandaskan pada asesmen, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.

Penyusunan program PJOK: Program PJOK harus disusun berdasarkan kebutuhan belajar murid, konteks pembelajaran, dan sumber daya yang tersedia.

Pentingnya asesmen autentik: Asesmen autentik lebih efektif untuk mengukur perkembangan belajar murid secara menyeluruh.

Penggunaan teknologi: Teknologi dapat digunakan untuk membuat pembelajaran PJOK lebih menarik dan interaktif.

Ceritakan sebuah perubahan dalam diri Anda yang ingin dilakukan setelah pembelajaran pada hari ini?

Setelah mengikuti pelatihan ini, saya ingin melakukan beberapa perubahan dalam diri saya sebagai guru PJOK, yaitu:

Lebih fokus pada pengembangan profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PJOK.

Menerapkan asesmen autentik dalam pembelajaran PJOK.

Lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun program PJOK.

Lebih aktif dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran PJOK.

Lebih terbuka untuk belajar dan mencoba hal-hal baru.

Saya yakin bahwa perubahan-perubahan ini akan membantu saya untuk menjadi guru PJOK yang lebih baik dan memberikan pembelajaran yang lebih berkualitas bagi murid-murid saya.


0 Response to "Refleksi Pelatihan PKG PJOK 1.5.d. Refleksi - Pengembangan Kurikulum PJOK Oleh : Ali Zaenal - SDI Rata Nagekeo-NTT"

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda silakan tinggalkan komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel