Terbang Bersama NASA - Optimalkan Akun Belajar.id sebagai akses utama PMM dan Rumah Belajar

Alyzaenal.my.idTerbang Bersama NASA - Optimalkan Akun Belajar.id sebagai akses utama PMM dan Rumah Belajar. Terbang bersama NASA ini merupakan sebuah kegiatan kolaboratif dan transformatif menumbuhkan ekosistem digital yang diprakarsai oleh SRB NTT 2022 dari kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Sikka (NaSa). 

Flyer Terbang Bersama NASA - Optimalkan Akun Belajar.id sebagai akses utama PMM dan Rumah Belajar

Kegiatan ini pun terselenggara dengan baik berkat kolaborasi dan inisiasi yang tulus untuk sekaligus membantu akselerasi aktivasi akun belajar.id se-NTT. Meski kegiatan ini diprakarsai oleh 2 kabupaten tersebut, namun peserta terbuka untuk umum khususnya Guru-guru di NTT. 

Kegiatan ini menghadirkan SRB NTT 2022 dari Nagekeo yakni Ali Zaenal dan SRB NTT 2022 dari sikka Yulius Edison Dara. Kolaborasi ini sangat pecah dalam pelaksanaan kegiatannya. Bagiaman tidak? Pada aksi kegiatan ini kedua narasumber berbagi praktik baik ini bersiap memberikan bonus pelayanan terbaik khususnya bagi rekan guru se-NTT yang masih terkendala akun belajar.id. Ini semata-mata untuk semakin menyukseskan aktivasi akun belajar.id tentu endingnya adalah pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Portal Rumah belajar yang lebih optimal bagi guru-guru di NTT.

Kegiatan ini diawali dengan paparan yang sangat runtut dan menarik untuk disimak dari sang SRB NTT 2022 sekaligus ko kapten belajar.id Sikka yakni Yulius Edison Dara. Gurtu di SMPN 3 Maumere ini memulai paparan materi dengan menginformasikan sebuah pembaharuan yang sangat penting pada aplikasi platform merdeka mengajar khususnya yang menggunakan smartphone.  

Materi platform merdeka mengajar ini disampaikan hingga tuntas bahkan hingga bagaimana seorang guru yang mengakses pelatihan mandiri dapat memperolah sertifikat dari belajar mandiri tersebut.

Seusai dari paparan Platform Merdeka Mengajar, dilanjutkan oleh saya sendiri yakni dalam paparan Pentingnya pemanfaatan Portal Rumah belajar dalam menyukseskan pembelajaran dan memeberikan pembelajaran bermakna bagi murid. Pada sesi saya ini, saya mulai dengan menyajikan "praktik baik saya dalam hal pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menggunakan model SOLE". 

Simak Juga :

AKSI NYATA PRAKTIK BAIK Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar - PJOK kelas 6 Materi Sepak Bola

Saya langsung melakukan demonstrasi berupa tutorial langsung dan live bagaimana mengakses portal rumah belajar. Di sini saya menunujukan semua menu-menu penting pada portal rumah belajar. Namun hanya bersifat pengenalan agar para peserta mengenal terlebih dahulu dan tertarik untuk mengeksplorasi. Sejatinya guru masa kini yang sukses adalah guru yang mau belajar dan megikuti perubahan. 

Setelah saya selesai memaparkan berbagai menu pada portal rumah belajar, kembali saya memfokuskan pada salah satu fitur utama portal rumah belajar yakni sumber belajar. Manegapa? karena saya sangat yakin bahwa konten pada sumber belajar baik yang berupa konten video, wen dan bahkan audio saat ini sangat dicari guru dalam melakuka pembelajaran yang berpusat pada murid. 

Optimalisasi sumber belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi juga saya sampaikan agar guru-tidak lagi ragu dalam mengakses dan memanfaatkannya. Ada konten video, audio, dan web yang mana mampu diberikan pada siswa sesuai dengan ketertarikan atau minat belajarnya.

Kegiatan berlangusng selama kurang lebih 2 jam dan tak hanya itu. Para guru hebat pun yang tergabung pada kegiatan ini juga sangat antusias dengan menyampaiakn berbagai praktik baik hingga kegelisahan masalah yang dihadapinya untuk didiskusikan bersama pada sesi kolaborasi praktik baik ini.

Sesi ini tentu akan sangat terkenang dan menjadi sebuah ekosistem digital yang benar-benar bermakna baik bagi guru dan murid nantinya. Mengapa? Ya, karena kedua narasumber berbagi praktik baik ini menyampaikan bahwa pertemuan tak hanya selesai pada malam ini. Namun masih tetap berlanjut melalui jejaring komunikasi yang telah dibagikan pada acara tersebut.

Hingga usai nampak sebanyak 27 Peserta yang terpantau mengisi daftar hadir, walaupun pada sesi yang terdata dalam sesi meet mencapai 40-an pendidik yang tergabung dari seluruh penjuru NTT. Berikut rekap daftar hadirnya ;


Bagi sahabat sekalin juga jangan lewatkan sesi rekaman dari kegiatan ini yang sangat seru dan berdampak. Sesi tersebut bisa anda saksikan melalui tayangan di bawah ini;

Demikian sesi kolaboratif dan inspiratif dalam rangka kolaborasi dan bertransformasi menumbuhkan ekosistem digital menuju merdeka belaajar dengan acara yang bertajuk "Terbang Bersama NASA - Optimalkan Akun Belajar.id sebagai akses utama PMM dan Rumah Belajar'. Semoga bermanfaat dan menjadi ekosistem digital yang handal dalam menyukseskan Merdeka belajar mulai tahun 2022 ini. Terimakasih, salam dan bahagia. Salam rumah Belajar

Belum ada Komentar untuk "Terbang Bersama NASA - Optimalkan Akun Belajar.id sebagai akses utama PMM dan Rumah Belajar"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda silakan tinggalkan komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel