Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar

Alyzaenal.my.id ~ Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital  Menuju Merdeka Belajar. Kolaborasi hebat yang digelar oleh Sahabat Rumah Belajar NTT 2022 ini dilaksanakan secara daring yang mana melibatkan langsung sang Duta Rumah Belajar. 

Flyer Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital  Menuju Merdeka Belajar

Kegiatan ini juga melibatkan sebuah komunitas besar di Kota Kupang yakni kelompok kerja kepala SD/MI Kota Kupang yang mana menghadirkan ketuanya Joni A. Higa Huki, S.Pd. MM. Beliau hadir sebagai guest speaker yang mendampingi Duta Rumah Belajar NTT yakni Dewi Sekar sari, S.Pd. Gr.

Guest speaker pertama yakni Joni A Higa Huki menyampaikan poin poin yang sangat penting dan bermakna bagi seluruh guru khususnya betapa pentingnya platform merdeka mengajar. Ketua KKS Kota Kupang tersebut juga menyampaikan bahwa sebaiknya para guru juga harus pro aktif dalam mengikuti perkembangan teknologi yang ada dan semangat untuk melakukan ebalajr mandiri karena di Platform Merdeka Mengajar ini sudah tersedia.

Simak Juga :

AKSI NYATA PRAKTIK BAIK Pembelajaran Inovatif Model SOLE Terintegrasi Rumah Belajar - PJOK kelas 6 Materi Sepak Bola

Sementara dari Duta Rumah Belajar NTT Dewi Sekar Sari, S.Pd. Gr lebih banyak menyampaikan berkaitan dengan peran penting para SRB NTT dalam menyukseskan eksositem digital menuju merdeka belajar. Duta Rumah belajar NTT tersebut juga menyampaikan bahwa kini dari para SRB tersbut nantinya akan dipilh satu orang yang menjadi Duta Baru. Bukan Duta Rumah Belajar, melainkan kini menjadi Duta Teknologi. 

Sebagai Duta Rumah Belajar sekaligus Kapten belajar.id NTT ini beliau juga menghimbau untuk seluruh peserta kegitatan untuk saling mengingatkan kepada seluruh guru yang ada di komunitas sekitarnya untuk segera membantu aktivasi akun belajar.id yang mana harapannya NTT menjadi daerah jawara belajar.id tahun 2022 ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi yang mendalam berkaitan dengan platform merdeka mengajar. Materi ini langsung dibawakan oleh SRB NTT 2022 Theresia Sri Rahayu, S.Pd. SD. Pada paparan ini disampaikan dengan runtut dan jelas bagaimana alur pemakaian platform merdeka mengajar ini hingga aksi nyata.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh saya sendiri yang mana saya lebih menitik beratkan pada optimalisasi sumber belajar pada Portal rumah belajar. Mengapa demikian? Dari sumber belajar yang ada ini sebenarnya sudah tersedia cukup banyak perpustakaan digital bahan ajar yang tentu bisa digunakan siapa saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Sumber belajar ini menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi minimnya bahan ajar yang inovatif yang selama ini dimiliki oleh guru. Dari sumber belajar ini kita bisa maksimalkan untuk menggali berbagai inspirasi, inovasi, dan juga dapat di adopsi untuk lebih dikembangkan lagi. Sesi ini juga saya sempatkan langsung berbagi praktik baik saya dalam pembelajaran inovatif menggunakan teknologi yang terintegrasi portal rumah belajar.

Dokumentasi sesi Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital  Menuju Merdeka Belajar

Sesi terakhir dibawakan oleh SRB NTT selanjutnya yakni Oktaria Kolnel S.Pd., B.Ed. SRB yang sekaligus menyandang gelara Google Certified Educator level 2 ini menyampaikan praktik baiknya berkaitan dengan pembelajaran inovatif melalui portal rumah belajar. 

Acara ini sebanranya berlangusng selama 2 jam namun lewat sedikit karena begitu antusiasnya audiens dalam mengikuti kegitan ini hingga agak kelewatan waktunya. Ini berarti pertanda baik bahwa kegiatan ini benar-benar positif dan benar-benar bertumbuh sebuah ekosistem digital yang benar-benar bermakna baik bagi guru ataupun murid nantinya.

Berdasarkan daftar hadir yang telah terangkum ini didapati peserta sebanyak 30 peserta yang tetap bertahan hingga sesi akhir. Berikut rekap daftar hadirnya :

Adapun rekaman kegiatan dari sesi Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital  Menuju Merdeka Belajar ini bisa anda simak ulang di bawah ini : 

Demikian untuk sesi Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital  Menuju Merdeka Belajar semoga semakin menambah semangat dan wawasan kita bersama dalam merintis ekosistem digital menuju merdeka belajar bersama portal rumah belajar dan platform merdeka mengajar. Teriamakasih salam dan bahagia. salam rumah belajar

Belum ada Komentar untuk "Kolaborasi Inovatif SRB NTT 2022 Libatkan DRB Gaungkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda silakan tinggalkan komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel