AKSI GACOR 2 - Gali Aset Sekolah dalam Rangka Identifikasi Persiapan Inovasi Pembelajaran Teknologi

AKSI GACOR 1 - Gali Aset Sekolah dalam  Rangka Identifikasi Persiapan Inovasi Pembelajaran Teknologi ~ Salam dan bahagia Halo Bapak Ibu sahabat semuanya lebih khusus sahabat teknologi di manapun berada Bagaimana kabarnya Semoga senantiasa sehat dan tetap semangat tentunya ya? Di awal cerita ini saya ingin menyampaikan bahwa saya mendapatkan sebuah kesempatan luar biasa yakni saya bisa tergabung pada sahabat teknologi di tahun 2023 ini. Sahabat teknologi ini merupakan salah satu program unggulan Kemendikbud ristek melalui BLPT  yang mana melaksanakan sebuah program sangat keren sekali yaitu Pembatik alias pembelajaran berbasis TIK. Untuk menjadi sahabat teknologi ini harus melalui perjuangan yang tidak biasa saya harus mengikuti pelatihan pembatik mulai dari level 1 level 2 dan level 3 setelah level 3 selesai dilanjutkan pada level 4 setiap level ini memiliki tema masing-masing Yakni pada level 1 adalah literasi level 2 adalah kreasi dan level 3 adalah implementasi dan level 4 atau level terakhir pada program pembatik ini adalah berbagiD dengan demikian pada level 4 yang sedang saya lakukan ini saya memiliki tanggung jawab dan tentu penuh semangat untuk melakukan kegiatan berbagi praktik baik dalam pemanfaatan TIK.

Sebelumnya saya ingin bercerita dulu berkaitan dengan strategi yang akan saya gunakan untuk berbagi pada level 4 ini saya menggunakan strategi GACOR atau ini merupakan sebuah akronim dari Gali aset, Aksi nyata, Ceritakan dan Olah menjadi sebuah karya yang bermanfaat dan refleksi.

Nah, di awal tulisan ini saya ingin share tentang kegiatan awal yang saya lakukan yakni saya menggali aset yang ada di sekolah saya untuk mempersiapkan lebih optimal dalam pemanfaatn TIK pada Pembelajaran. kegiatan ini saya lakukan dan berlangsung mulai tanggal 11 s.d. 13 Oktober 2023.

Saya mengacu pada Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA), yang merupakan singkatan dari Asset-Based Community Development (ABCD), adalah sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang oleh John McKnight dan Jody Kretzmann. Mereka adalah pendiri ABCD Institute di Northwestern University, Amerika Serikat. PKBA didasarkan pada pemanfaatan kemampuan, pengalaman, pengetahuan, serta semangat yang dimiliki oleh anggota komunitas, kekuatan kelompok lokal, dan dukungan positif dari lembaga lokal, dengan tujuan menciptakan kehidupan komunitas yang berkelanjutan (Kretzman, 2010).

Strategi ini sangat bagus sekali apalagi mengingat banyak sekali pendidik dan rekan guru yang sering mengeluhkan prasarana TIK di sekolah lebih khusus bagaimana mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Dari sinilah saya harus mulai dari mindset awal dulu untuk lebih membangun kekuatan berbasis aset yang dimiliki sekolah. 

Menurut Green dan Haines (2016) terdapat 7 aset utama yang dapat dikembangkan. Diantaranya adalah :
  1. Modal manusia
  2. Modal sosial
  3. Modal politik
  4. Modal agama dan budaya
  5. Modal fisik
  6. Modal lingkungan alam
  7. Modal Finansial

Berdasarkan hal tersebut maka saya mengajak kolaborasi bersama baik bersama pimpinan sekaligus dengan rekan guru di sekolah untuk menyusun dan mengidentifikasi aset yang ada tersebut. Kami berhasil merumuskan aset yang ada di sekolah saya lebih spesifik adalah aset yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran berbasis TIK tentunya.

Berikut hasil identifikasi aset tersebut :

Demikian sahabat teknologi semuanya AKSI GACOR 1 - Gali Aset Sekolah dalam  Rangka Identifikasi Persiapan Inovasi Pembelajaran Teknologi yang telah lakukan salam inspirasi dan terus membawa perubahan! SALAM dan BAHAGIA

Belum ada Komentar untuk "AKSI GACOR 2 - Gali Aset Sekolah dalam Rangka Identifikasi Persiapan Inovasi Pembelajaran Teknologi"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda silakan tinggalkan komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel