Kuliah Umum PembaTIK Level 4 - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar

Alyzaenal.my.id ~ Kuliah Umum PembaTIK Level 4 - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar. Sebuah kesempatan yang berharga bagi saya dapat bergabung pada kegiatan kuliah umum Pembatik ini. Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan kuliah umum pembatik ini dilaksanakan pada sesi akhir kegiata Pembatik level 4 ini.



Sesi Kuliah Umum PembaTIK Level 4 - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar

Kegiatan diawali dengan laporan dari Kapusdatin Dr. M. Hasan Chabibie, S.T, M.Si dan dalnjutkan pembukaan oleh Sekretaris jenderal kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A.,Ph.D. Pada sesi pembukaan ini beliau menyampaikan kurang lebih dari 1000 guru yang telah terpilih di Pembatik level 4. Ini menjadi mitra penting yang menjadi mitra dalam menyampaikan atau menyosialisasikan pemanafaatan TIK dalam pembelajaran. Beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk terus semangat dan berkomiteman untuk terus belajar menyiapkan anak didik untuk masa depan.

Acara dilanjutkan dengan materi dari Dr.Rulli Nasrullah, M.Si yang akrab disapa "Kang Arul". Beliau merupakan Dosen, Pakar Media Sosial, dan Konsultan Branding Digital yang sangat Inspiratif. Pada sesi ini Kang Arul menyajikan materi tentang kiat sukses berbagi konten medsos melalui tulisan dan video. 

Sangat menarik sekali disini beliau juga menjelaskan secara detail bagaimana alogaritma media sosial khususnya untuk optimasi konten. Harapannya bisa memaksimalkan konten yang telah dibuat.  Konten merupakan cara berkomuniasi di media sosial. Disini Kang Arul Juga mengajak untuk membuat konten dengan aplikasi yang sederhana seperti Power Point. Karena praktis dan di dalamnya sudah ada animation pane yang bisa mendesian sebuah animasi.

Ketika ingin membuat konten harus memiliki alat, Kita bisa menggunakan alat sederhana yang kita miliki. Ini didukung juga dengan beragam jenis aplikasi untuk produksi video pembelajaran seperti canva, power directory, quick, power point, video scribe, dan lain sebagainya. 

Adapun referensi sumber konten audio agar lebih menarik yang bisa digunakan, Kang Arul juga memberikan informasi referensi berikut :
Lebih powerfull lagi Kang Arul juga membagikan referensi aset dan editing yang bisa digunakan untuk membuat konten seperti : 
Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara mengoperasikan berbagai alat atau aplikasi editing konten dengan mengakses link berikut : https://bit.ly/materikangarul

Acara berikutnya dengan pemateri yang juga sangat dinantikan pula yaitu  yaitu Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A sebagai Direktur Guru Pendidikan Dasar. Pada sesi ini beliau menyampaikan tentang materi peran Duta Rumah Belajar dalam Transformasi Digital. 

Peran Duta Rumah belajar disini bisa disimupulkan bahwa Duta Rumah Belajar diharapkan sebagai penggerak reformasi digital dan agen perubahan dalam transformasi digital. 
















Belum ada Komentar untuk "Kuliah Umum PembaTIK Level 4 - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar"

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda silakan tinggalkan komentar di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel